Memang enak dan segar ya ketika cuaca panas minum minuman bersoda yang dingin. Saya sendiri suka minum minuman bersoda seperti coca-cola dan sprite. Bisa membuat segar, menghilangkan dahaga dan membuat bersemangat.

Namun tahukah kamu kalu minum minuman bersoda dapat menyebabkan kematian? Nah biar kamu nggak salah paham, simak pembahasan berikut ini ya…

Minum minuman bersoda memang tidak dilarang, namun jika dikonsumsi secara berlebihan setiap hari bisa menimbulkan berbagai macam risiko penyakit. Diantara risiko penyakit yang akan menyerang kamu adalah penyakit diabetes.

Memang fakta bahwa minum minuman bersoda berlebihan bisa mengakibatkan penyakit diabetes. Toh, sesuatu yang berlebihan itu memang tidak pernah baik. Penyakit diabetes Mellitus tipe 2 memang sangat umum, kita sering mengenalinya dari gejala kadar gula darah yang tinggi.

Nah perlu anda tahu bahwa satu kaleng soda itu mengandung sekitar 10 sendok gula. Dan itu jelas sudah melebihi batas konsumsi harian gula kamu. Nah jika kamu mengkonsmsi satu kaleng sehari dalam jangka panjang, penyakit diabetes mellitus dan obesitas siap menyerang tubuh kamu.

Ada juga mitos yang mengatakan, bahwa soda bila dicampur dengan susu bisa membersihkan paru-paru. Ini jelas salah kaparah, entah soda itu sendiri ataupun dicampur susu itu tidak akan bisa membersihkan paru-paru kamu.

 

Fakta lainnya yaitu kebanyak minum minuman bersoda bisa merusak gigi kamu loh. Pasalnya soda mengandung Asam Fosfat dan Asam Karbonat yang dapat merusak kesehatan gigi kamu. Seperti, Karies atau gigi berlubang dan ini tentu membuat rasa nyeri pada gigi.

 

Mitos lainnya yaitu minum minuman bersoda dapat memperlancar menstruasi. Memang siklus menstruasi setiap perempuan berbeda-beda, namun minum soda tidak ada hubungannya sama sekali dengan memperlancar siklus menstruasi. Malah dikarenakan minuman soda mengandung banyak gas itu bisa menambah rasa tidak nyaman pada perut. Dan juga bisa memicu asam lambung yang lebih pada perut kamu.

Sekali lagi saya tegaskan, kalu minum minuman bersoda itu tidak dilarang. Namun kamu perlu membatasi konsumsi setiap harinya. Jangan sampai kamu terkena penyakit mematikan hanya karena mengkonsumsi minuman bersoda terlalu banyak. Sampai jumpa 🙂