Kamu pernah makan daging babi? Daging yang dalam islam sangat diharamkan untuk dimakan ini memang begitu populer dan penuh kontroversi.

Kandungan gizi dan rasa yang lezat [katanya] memang membuat daging babi menjadi olahan yang populer diseluruh dunia. Tapi tahukah kamu meskipun penuh gizi tak ayal banyak risiko yang muncul jika anda mengkonsumsi daging babi. Apa sajakah itu? mari kita bahas…

Bahaya pertama yaitu adanya cacing pita Taenia Solium, cacing pita dewasa bisa mencapai panjang hingga 300cm. Cacing dewasa ini dapat ditemukan dalam saluran pencernaan dan cacing ini bisa menimbulkan sumbatan pencernaan kamu. Sedangkan dalam bentuk larva, infeksinya bisa menyerang otot disertai nyeri otot, demam ataupun badan yang terasa lemah.

 

Bahaya kedua yaitu risiko penyakit hati. Selain kanker liver atau kanker hati, konsumsi daging babi dianggap dapat meningkatkan risiko terkena penyakit hati yaitu Sirosis Hati. Menurut studi, hal ini disebabkan oleh zat yang dinamakan Nitrosamines. Zat ini dapat ditemukan daging olahan seperti bacon, sosis dan ham yang dimasak dalam suhu tinggi.

 

Bahaya ketiga yakni penyakit Hepatitis E. Daging babi terutama bagian hatinya dipercaya membawa virus Hepatitis E, meskipun hati dikatakan mengandung mengadung vitamin A tinggi.

Nah sudah tahu bahaya konsumsi daging babi kan? Masih mau konsumsi daging babi? Ah sudahlah cari daging yang minim bahaya dan sudah jelas kejelasannya. Ok sekian saja artikel kali ini, semoga bermanfaat 🙂