Bahaya Makan Mi Instan Dengan Nasi

Untuk orang Indonesia, makan mi instan dengan nasi sudah menjadi hal yang lumrah, apalagi saat bingung mau masak apa. Namun apakah anda tahu, bahwa menkonsumsi mi instan bersamaan dengan nasi bisa berakibat buruk bagi kesehatan anda? Apa sajakah bahayanya, mari kita bahas…

Didalam 100 gram mi instan terdapat sekitar 494 kalori, 67 gram lemak, 3,5 gram serat, 11 gram lemak jenuh, 7 gram gula, 856 miligram sodium dan 67 gram karbohidart. Sedangkan pada 100 gram nasi putih terkandung sekitar242 kalori, 0,3 gram lemak, 1 miligram sodium,dan 28 gram karbohidrat. Jika digabungkan mi instan dan nasi, jumlahnya 242 kalori+494 kalori, setidaknya anda menkonsumsi 736-786 kalori per sajiannya. Sedangkan memakan mi instan dapat meningkatkan berbagai macam risiko penyakit. Belum lagi kalau ditambah dengan nasi, yang sama-sama tinggi karbohidart. Lalu bahaya apa yang akan muncul kalau kita menkonsumsi mi instan+nasi terus menerus secara bersamaan???

Sebenaranya, bukanlah nasi yang membuat bahaya, melainkan mi instannya. Meskipun dalam takaran yang sama, yaitu mi instan dan nasi, namun kadar sodium terutama MSG pada mi instan terhitung cukup tinggi atau lebih tinggi dibanding nasi. Dan yang perlu anda ingat, batas konsumsi sodium setiap harinya hanya 1500-2300 miligram. Dengan kata lain, jika anda menkonsumsi mi instan 2-3 porsi dalam sehari, berarti anda sudah melebihi batas konsumsi sodium harian.

MSG sendiri merupakan zat adiktif yang sering digunakan pada hampir semua olahan masakan demi meningkatkan cita rasa. Namun jika anda mengkonsumsinya dalam jangka panjang, ini dapat mengakibatkan risiko penyakit Syndrome Metabolic.

Syndrome Metabolic adalah sebuah kondisi yang mencakup masalah tekanan darah tinggi, pengumpulan lemak terutama pada daerah pinggang dan juga mencakup kadar kolesterol yang tidak normal. Seseorang bisa dianggap menderita Syndrome Metabolic apabila memenuhi kriteria tadi. Apabila anda telah mengalami Syndrome Metabolic, risiko terkena serangan jantung, diabetes dan stroke juga meningkat.

Jadi mulai sekarang kurangilah mengkonsumsi mi instan, apalagi ditambah nasi. Perbanyak makan sayur dan juga buah. Jangan lupa minum air putih yang cukup. Bukan tidak boleh mengkonsumsi mi instan, tapi alangkah lebih baik jika anda membatasi konsumsinya. Sekian…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.